jogjajogja INFO

Beranda » HOME » Imogiri

Imogiri

Blog Stats

  • 32.739 hits

Arsip

roadroda@gmail.com

Bergabung dengan 3 pelanggan lain
Agustus 2013
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Roll

Remajasampit
wildan arif
Link lainnya

Kecamatan Imogiri berada di sebelah Tenggra dari Ibukota Kabupaten Bantul. Kecamatan Imogiri mempunyai luas wilayah 5.448,6880 Ha.

Alamat kantor kecamatan : Jl. Imogiri Bantul Telp. (0274) 522533

Desa di wilayah administratif Kecamatan Bantul :

  1. Desa Selopamioro
  2. Desa Sriharjo
  3. Desa Kebonagung
  4. Desa Imogiri
  5. Desa Karangtalun
  6. Desa Karangtengah
  7. Desa Wukirsari
  8. Desa Girirejo

GEOGRAFIS

Wilayah Kecamatan Bantul berbatasan dengan :

  • Utara : Kecamatan Jetis dan Pleret;
  • Timur : Kecamatan Dlingo;
  • Selatan : Kecamatan Pundong dan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul
  • Barat : Kecamatan Imogiri dan Pleret.

Kecamatan Imogiri berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 100 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 8 Km. Kecamatan Imogiri beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Imogiri adalah 26ºC dengan suhu terendah 23ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Imogiri 30% berupa daerah yang datar sampai berombak, 70% berombak sampai bernukit dan 0% berbukit sampai bergunung.

PENDUDUK

Kecamatan Imogiri dihuni oleh 13.119 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Imogiri adalah 56.357 orang dengan jumlah penduduk laki-laki 27.291 orang dan penduduk perempuan 29.966 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Imogiri adalah 1.934 . jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Imogiri adalah petani. Dari data monografi Kecamatan tercatat 13.431 orang atau 23,83% penduduk Kecamatan Imogiri bekerja di sektor pertanian.

SENTRA INDUSTRI

  • Pocung Wukirsari, Sentra kerajinan tatah sungging.
  • Giriloyo Wukirsari, Sentra kerajinan batik.
  • Banyusumurup, Sentra kerajinan keris.
  • Imogiri, sentra pembuatan makanan keripik tempe.

WISATA BUDAYA

1. UPACARA MERTI DUSUN / JODHANGAN DI GUA CERME

Desa Selopamioro memiliki berbagai kegiatan sosial dan seni budaya. Salah satu kegiatan budaya adalah Upacara merti dusun atau bersih dusun upacara ini dilaksanakan di pelataran Goa Cerme yang berada di dusun atau Srunggo I dan Srunggo II. Upacara bersih dusun atau sedekah bumi atau merti dusun pada umumnya panen raya. Hal ini dimaksudkan untuk mengucapkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. UPACARA RASULAN / BERSIH DESA WUKIRSARI

Upacara rasulan ini dilaksanakan sesudah bulan purnama, sedang harinya berubah-ubah. Pada prinsipnya dalam melaksanakan upacara itu mereka mengambil hari legi atau wage menurut kalender jawa. Adapun tempat upacara adalah di masjid Giriloyo, Imogiri.

3. UPACARA KIRAB BUDAYA DAN UPACARA NGURAS KONG (ENCEH)

Merupakan tradisi dalam rangka mengganti air yang terdapat dalam ‘kong’ di makam Raja-raja Imogiri. Selanjutnya air kurasan yang diperoleh dari ‘kong’ ini dibagi-bagikan kepada masyarakat yang memiliki kepercayaan bahwa air tersebut dapat memberikan kebaikan bagi kehidupan. Dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon pada bulan Suro.

WISATA ALAM

• GUA GAJAH

Gua gajah terletak di Dusun Sukorame, Desa Temuwuh, Kecamatan Dlingo. Guo Gajah merupakan gua karst yang terletak pada kawasan karst gunungs sewu. Gua ini merupakan gua horisontal dengan panjang kurang lebih 50 meter. Nama Guo Gaah berasal dari ciri khas gumplan baatu yang berbentuk menyerupai gajah.

CAGAR BUDAYA

1. KOMPLEK RAJA – RAJA MAKAM IMOGIRI

Kornpleks ini berada di Kel. Ginirejo Kec, Imogiri, Kab Bantul. Komplek makam Imogiri merupakan komplek makam yang diperuntukkan bagi raja raja Mataram dan keluarganya. Makam ini didirikan oleh Sultan Agung antara tahun 1632 – 1640M.

2. MAKAM BANYUSUMURUP

Tokoh yang dimakarnkan disini adalah Pangeran Pekik. Beliau adalah putra Pangeran Purbaya seorang penguasa di Surabaya pada sekitar abad 17 M . Setelah Surabaya ditaklukan oteh Mataram pada tahun 1625 maka Sultan Agung memerintahkan Pangeran Pekik untuk pindah ke Mataram dan dikawinkan dengan adik Sultan Agung yaitu Ratu Pandansari. Kompleks makam Banyusumurup merupakan kompleks makam yang berada 2 Km sebelah selatan kompleks makam Imogiri.

3. MASJID BANYUSUMURUP

Masjid ini berdiri diatas tanah seluas 538 M2 . Luas bangunan 228 M2. Atap bangunan berbentuk limasan di sangga oleh 4 buah tiang.

4. MAKAM GIRILOYO

Lokasi : Cengkehan, Wukirsari. Makam Giriloyo merupakan peninggalan masa Islam sekitar abad 17 M dan sampai saat ini masih dikeramatkan oleh masyarakat. Tokoh yang dimakamkan disini yaitu Pangeran Juminah. Beliau adalah Paman Sultan Agung. Pada mulanya makam ini dipersiapkan bagi makam Sultan Agung beserta keluarganya, tetapi yang di makamkan pertamakali adalah Pangeran Juminah, maka Sultan Agung membatalkan dan kemudian makam dirinya dipindah ke Pajimatan Imogiri.


Tinggalkan komentar